logo
Page gambar atas list banner

Healthy Article

SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF

SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF

Jelang tutup tahun, mari jadikan kesehatan mental sebagai prioritas di tahun yang baru. Caranya? Mulailah dari menaklukkan pikiran negatif.

Kita semua memiliki kecenderungan untuk berfikir negatif. Ini sesungguhnya adalah adaptasi evolusi yang membantu manusia menghindari bahaya dan bereaksi cepat saat ada kritis. Namun, terus-menerus bersikap negatif justru bisa menghalangi kebahagiaan, menambah stres dan tingkat kecemasan, dan pada akhirnya merusak kesehatan.

Memang, sebagai individu lebih rentan dari yang lain terhadap pikiran negatif, entah karena warisan orang tua atau trauma masa kecil. Meski demikian, sejumlah pakar menegaskan bahwa kita selalu bisa belajar untuk menaklukkan prespektif negatif.
Rick Hanson, psikolog senior di Greater Good Science Center, Universitas of California, menyarankan agar kita menantang setiap pikiran negatif. Coba startegi ini: Bayangkan bahwa teman Anda, bukan Anda, yang mengalami hal buruk. Apakah nasihat yang akan Anda berikan?

Sekarang, pikirkan bagaimananasihat itu dapat Anda terapkan pada diri sendiri. Studi Ohio State University menemukan bahwa langkah sederhana ini dapat mengurangi gejala depresi secara signifikan.

Ketika pikiran-pikiran negatif membuat Anda merasa gelisah dan terbebani, terikan napas dalam-dalam. Melakukan pernapasan terkendali dapat membantu menurunkan respon stres dan menenangkan kecemasan.

Akhirnya, jika pikiran-pikiran Anda membuat Anda sangat tertekan dan mengganggu kemampuan untuk bekerja atau rileks, pertimbangan untuk menemui ahli. Profesional yang berspesialisasi pada terapi kognitif dapat mengajarkan langkah praktis untuk menghadapi pikiran-pikiran persisten yang tak diinginkan.

Jangan lupa, perlakuan diri Anda sendiri dengan baik. Sesekali, tanyalah diri sendiri: Apakah pikiran-pikiran saya ini membantu membangun diri saya, atau justru menghancurkan?

Sumber : Mediakawasan

Recent post

JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPANJAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN
Walnut berpotensi menurunkan risiko obesiteas dan diabetes, karena kacang ini mengaktivitasi bagian otak yang mengatur rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. (Diabetes, Obesitas dan Metabolisme)
SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF
“Anda mendapatkan kekuatan, keberanian, dan kepercayaan diri dari setiap pengalaman hidup yang membuat Anda menghadapi rasa takut.”
PERAWATAN SENDIRI UNTUK MENGATASI STRESS
Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.