logo
Page gambar atas list banner

Healthy Article

PERAWATAN SENDIRI UNTUK MENGATASI STRESS

PERAWATAN SENDIRI UNTUK MENGATASI STRESS

Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar. Banyak faktor yang dapat menimbulkan stres. Beberapa faktor itu sebenarnya seringkali berhubungan dengan perubahan dalam hidup berupa peristiwa mengenakan, seperti liburan atau promosi jabatan. Dapat juga terjadi perubahan negative, misalnya kehilangan pekerjaan atau meninggalnya orang yang dikasihi. Bila ditanggapi dengan positif, perubahan negatif itu bisa menjadi tidak banyak lagi pengaruhnya, sehingga tidak membuat stres.

Mayo Clinic memberikan tips perawatan sendiri untuk mengatasi stres agar tidak berkepanjangan yaitu :

1.Belajar santai. Teknik seperti meditasi, imajinasi terarah, mengendurkan otot dan bernapas dengan rileks akan dapat membuat santai. Tujuannya untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah dengan mengurangi ketegangan otak.

2.Diskusikan masalah. Berdiskusilah dengan teman yang bisa dipercaya agar dapat mengurangi ketegangan dan menempatkan masalah dalam perspektif yang benar dan mengambil jalan keluar yang baik.

3.Rencanakan pekerjaan. Selangkah demi selangkah, mulai dari yang kecil dulu.

4.Kendalikan amarah. Jangan ditahan, keluarkan saja dengan hati-hati. Sabar, tenangkan diri dulu, dan hitung sampai sepuluh, agar amarah dapat ke luar dengan terkendali.

5.Melepaskan diri. Mengubah derap hidup agar bisa menumbuhkan harapan baru.

6.Bersikap realistis. Buat target yang dapat dicapai. Buatlah prioritas. Konsentrasi pada hal yang penting. Kalau targetnya terlalu tinggi, anda mungkin akan kecewa bila sampai gagal. Tentukan nama yang perlu didahulukan, dan konsentrasi pada tugas tersebut.

7.Hindari mengobati diri sendiri. Kadang-kadang kita lari ke obat-obatan atau alkohol demi mendapatkan lega pikiran. Cara itu tidak menyelesaikan masalah.

8.Cukup tidur, berolahraga dan makan makanan bergizi. Tubuh yang sehat menghasilkan pikiran yang sehat. Setelah bangun tidur, Anda dapat mengatasi masalah dengan keadaan lebih segar. Olahraga membakar kelebihan energy yang mengakibatkan stres.

9.Cari bantuan. Segera ke dokter, psikiater atau psikolog bila mengalami stres, atau merasa tubuh tidak sehat.

Sumber : Prodia

Recent post

JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPANJAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN
Walnut berpotensi menurunkan risiko obesiteas dan diabetes, karena kacang ini mengaktivitasi bagian otak yang mengatur rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. (Diabetes, Obesitas dan Metabolisme)
SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF
“Anda mendapatkan kekuatan, keberanian, dan kepercayaan diri dari setiap pengalaman hidup yang membuat Anda menghadapi rasa takut.”
PERAWATAN SENDIRI UNTUK MENGATASI STRESS
Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.