logo
Page gambar atas list banner

Healthy Article

JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN

JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN

Inikan rutinitas makan Anda: kopi dan makanan kecil di pagi hari, makan siang lebih “berat”. Dan porsi besar di malam hari?

Jika ya, kini saatnya Anda membalik pola makan tersebut, yakni makan besar di awal hari dan mengurangi porsi seiring hari berlalu. Menurut studi baru di The Journal of Nutrition, pola ini tak hanya akan memacu metabolism tubuh, tapi juga mencegah obesitas.

Studi tersebut juga menegaskan bahwa mereka yang menyantap makanan terbesar di pagi hari lebih mungkin memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki porsi besar saat makan siang atau malam.

Kok, bisa? Menurut Dr. Hana Kahleova, yang melakukan penelitian ini bersama tim ilmuwan di Loma Linda University School of Public Health, California, proses pencemaran dan kerja insulin-hormon pancreas yang digunakan tubuh untuk mengelola gula dalam karbohidrat dan menyimpan glukosa-berada pada puncak performa di pagi hari.

“seseorang yang menyantap makan yang sama pada waktu yang berbeda dalam satu hari kemungkinan menyimpan lebih banyak lemak setelah makan malam dibandingkan makan pagi,”tegas Dr.Kahleova. “ini karena kinerja insulin lebih efisien saat pagi hari.”

Dr.Satcidananda Panda, profesor di Salk Institute for Biological Studies, juga berujar bahwa jika Anda memberisesorang yang sehat seporsi besar glukosa di pagi hari, maka glukosa darahnya mungkin akan bertahan selama 1-2 jam sebelum kembali normal.

“namu, juka Anda member porsi glukosa yang sama kepada orang yang sama di waktu yang berbeda, yakni saat sudah larut malam, maka hasilnya akan berbeda,” tandas Dr. Panda.

Di malam hari, pancreas beristirahat dan tidak dapat menghasilkan cukup insulin, sehingga glukosa darah bisa bertahan tinggi sampai selama 3 jam. Inilah yang dijuluki dokter sebagai “diabetes malam”.

Jadi, mari terapkan pepatah kuno untuk sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti fakir

Sumber : Mediakawasan

Recent post

JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPANJAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN
Walnut berpotensi menurunkan risiko obesiteas dan diabetes, karena kacang ini mengaktivitasi bagian otak yang mengatur rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. (Diabetes, Obesitas dan Metabolisme)
SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF
“Anda mendapatkan kekuatan, keberanian, dan kepercayaan diri dari setiap pengalaman hidup yang membuat Anda menghadapi rasa takut.”
PERAWATAN SENDIRI UNTUK MENGATASI STRESS
Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.