logo
Page gambar atas list banner

Healthy Article

12 FAKTA TENATANG OSTEOPOROSIS

12 FAKTA TENATANG OSTEOPOROSIS

1.Satu dari dua perempuan dan satu dari empat pria yang berusia di atas 50 tahun menderita Osteoporosis. Ketika mencapai usia 70 tahun, jumlah perempuan yang menderita osteoporosis lebih banyak lagi. Bisa sampai 10% dari total jumlah perempuan.

2.Data dari department kesehatan RI menyebutkan, 2 (dua) dari 5 (lima) orang Indonesia rentan terkena Osteoporosis.

3.Di Asia 52% perempuan di atas usia 50 tahun memiliki kepadatan tulang yang rendah.

4.Kaum perempuan yang sudah mengalami menopause, bila tak peduli dengan kondisi tulang mereka, dalam waktu 5-7 tahun akan mengalami penurunan massa tulang sebanyak 25 – 30%.

5.Setiap tahunya, lebih banyak perempuan yang meninggal karena Osteoporosis dari pada kanker payudara ataupun rahim.

6.Pria yang berusia di atas 50 tahun lebih berisiko dari pada kanker prostat.

7.Merka yang menderita patah tulang pinggul umumnya karena Osteoporosis.
Biasanya 20% dari mereka meninggal dalam waktu setahun karena komplikasi radang paru-paru atau terjadi pembekuan darah di paru-paru.

8.Setelah masalah tulang pinggul mereka teratasi, 50% dari mereka tetap tidak bisa bergerak leluasa. Sementara itu 25% dari mereka terpaksa harus menjalani perawatan jangka panjang.

9.Di AS, setiap tahunya ada 1,5 juta orang yang menderita patah tulang karena Osteoporosis. Untuk perawatan mereka, pemerintah AS terpaksa mengeluarkan anggaran dana sebesar Rp 30 miliar per tahun.

10.Menurut penelitian terbaru, 50% perempuan berusia di atas 50 tahun menderita Osteoporosis atau kepadatan tulang yang rendah . umumnya mereka tidak menyadarinya

11.Susu merupakan sumber kalsium terbaik. Walu penduduk AS umumnya peminum susu, tapi baru 35% dari mereka yang asupan kalsiumnya sudah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

12.Di Negara kita menurut data, setiap orang hanya mengasup 254 mg kalsium dalam sehari. Artinya, hanya 25% dari dosis yang dianjurkan.

Sumber : majalah sedap/hidup sehat

Recent post

Kenali Penyebab Sakit KepalaKenali Penyebab Sakit Kepala
JAGA TIMBANGAN DENGAN SARAPAN
Walnut berpotensi menurunkan risiko obesiteas dan diabetes, karena kacang ini mengaktivitasi bagian otak yang mengatur rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. (Diabetes, Obesitas dan Metabolisme)
SAATNYA TINGGALKAN SIKAP NEGATIF
“Anda mendapatkan kekuatan, keberanian, dan kepercayaan diri dari setiap pengalaman hidup yang membuat Anda menghadapi rasa takut.”
.